Praktikum 17: Login & Authorization pada PHP

Login & Authorization

    Bismillah, Assalamua'alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh, saya Firdaus Haqiqi dari Kelas XI RPL 3 SMK Negeri 4 Bandung. Kali ini saya akan memberikan contoh login & authorization pada PHP dengan database phpmyadmin. Langsung saja ke studi kasusnya.

    Pertama, buat tabel t_login dengan struktur seperti dibawah ini. Saya membuat tabel t_login di database db_pwpb20 pada Praktikum 16.

    Selanjutnya, tambahkan data login seperti di bawah ini.


    Kemudian, buat login form. Saya membuatnya di file v_login.php.


    Lalu buat file login.php.


    Setelah itu buat file logout.php

    Ketika belum login, kemudian mengakses URL http://localhost/pwpb/praktikum17/index.php (tempat saya menyimpan file index.php), maka halaman index akan terbuka. (Halaman web belum diberi batasan hak akses). Ketika sudah login, kemudian mengakses URL http://localhost/pwpb/praktikum17/index.php, maka halaman login akan terbuka (Seharusnya sudah login tidak perlu login kembali sebelum user melakukan Logout). Untuk menyelesaikan masalah tersebut, buat function di library. Buat file helper.php pada folder lib. Diakhir postingan ini saya bagi hierarki filenya. Untuk saat ini buat saja dulu file helper.php nya.


    Setelah itu buat file index.php. Jika sudah punya index.php dari Praktikum 16, tinggal ubah saja.

    Ini hierarki filenya.


    Selesai. Untuk memperindah, silakan atur-atur saja menggunakan css. Ini dia hasilnya.



Jika tombol logout dipencet, maka akan kembali ke halaman login.


    Jika ada error atau kendala, tinggal ikuti saja perintah yang tampil atau tanyakan saja. Sekian dari saya, bila ada kesalahan saya mohon maaf. Semoga bermanfaat. Wassalam.

Komentar