Praktikum 19: Upload pada PHP

Upload pada PHP

    Bismillah, Assalamua'alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh, saya Firdaus Haqiqi dari Kelas XI RPL 3 SMK Negeri 4 Bandung. Kali ini saya akan memberikan contoh Upload pada PHP. Contoh ini melanjutkan Praktikum 18, silakan cek postingan sebelum ini. Langsung saja pada intinya, gaskeun!.

    Langkah pertama, pada tabel siswa yang berada di database (nama database saya db_pwpb20), tambah field "file".

   

    Kemudian, buat folder img dan image pada folder assets.


    Lalu, pada form action yang ada di views/v_tambah.php, tambahkan property "enctype" dengan value "multipart/form-data".

    

    Masih di views/v_tambah.php, tambahkan kode berikut sebelum NIS atau sesudah form action sebelummnya.

    Maka, nanti disaat akan menambah data akan terlihat seperti ini (jika sudah menentukan foto default atau ava1.png):


    Selanjutnya, tambahkan kode berikut pada file tambah.php.

    Jangan lupa ubah kode yang ada dibawahnya. Tambahkan kode berikut pada $sql:


    Kemudian tambah kode berikut pada views/v_index.php. Pertama pada tag th setelah kolom/th No. sebelum th NIS, kedua pada tag td setelah td No.(yang ada iterasi/i++ nya) sebelum td NIS.



    Selanjutnya ubah kode yang berada di file edit.php. Hampir mirip seperti tambah.php, tetapi ada sedikit yang berbeda.

    Ubah juga kode yang ada di bawahnya, yaitu $sql. Tambahkan kode berikut:

 

    Jangan lupa ubah base_url di lib/helper.php sesuai dengan lokasi folder praktikumnya. Kalau saya di XAMPP/htdocs/pwpb/Praktikum19 berarti penulisannya adalah "http://localhost/pwpb/Praktikum19".


    Selesai! Berikut kode lengkapnya:

views/v_tambah.php


views/v_index.php


tambah.php


edit.php


lib/helper.php


    Ini hasilnya:






    Jika ada error atau kendala, tinggal ikuti saja perintah yang tampil atau tanyakan saja. Sekian dari saya, bila ada kesalahan saya mohon maaf. Semoga bermanfaat. Wassalam.

Komentar